Hebat PJB Targetkan Rekanan Penuhi Nihil Kecelakaan


PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) menerapakan dengan cara ketat Skema Manajemen Keselamatan Kerja Kontraktor atau Contractor Safety Management Sistem (CSMS) buat beberapa relasi untuk jamin penerapan Keselamatan serta Kesehatan Kerja (K3) dalam penerapan kerjanya. PJB tahun ini membidik semua relasi penuhi nihil kecelakaan.

Direktur SDM serta Administrasi PJB, Suharto menjelaskan, nihil kecelakaan telah tercukupi pada tingkat karyawan dalam tahun-tahun ini. Hal yang sama diharapka berlangsung pada relasi PJB dengan diaplikasikannya ketetapan CSMS mulai Oktober 2019 kemarin.

“Kami ingin faksi ke-3 yang ikuti lelang pekerjaan di lingkungan PJB atau anak perusahaan PJB diharuskan lakukan pendaftaran serta prakualifikasi CSMS dengan cara online. Beberapa isian serta bukti simpatisan berkaitan penerapan K3 ditanyakan dalam pendaftaran CSMS itu. Hasilnya berbentuk kwalifikasi CSMS perusahaan itu sebagai bahan alasan dalam proses tender, ” kata Suharto di celah acara pembukaan bulan K3 PJB di Malang, Senin (13/1/2020).

Kecuali untuk tingkatkan ketaatan K3 di lingkungan kerja PJB, implikasi CSMS itu jadi pendorong buat relasi untuk ikut bertindak dalam mematuhi dan membudayakan K3.”Dengan semua kriteria yang ada pada CSMS, semua relasi diinginkan bisa makin aware untuk tingkatkan penerapan K3 di lingkungan kerjanya, ” papar Suharto.

Suharto memberikan tambahan, relasi diharuskan untuk mematuhi ketentuan K3 semasa kerja di lingkungan PJB seperti pekerjaan safety briefing, safety talk, serta safety induction. “Kami ingin beberapa relasi dapat juga jamin penerapan K3 dalam penerapan kerjanya, ” pungkas Suharto.

Selanjutnya, Suharto menerangkan, PJB sudah mengaplikasikan SMK3, OHSAS, sertifikasi, pemenuhan peraturan, aplikasi pantauan sampai beberapa ketetapan buat karyawan atau relasi untuk tingkatkan penerapan K3 di semua unit upayanya.Disamping itu, banyak juga perbaikan di bagian K3 yang sudah dilaksanakan PJB dalam hadapi revolusi industri 4.0 seperti penerapan Permit To Work (PTW) yang terpadu dengan SIT ELLIPSE dan MAXIMO.

PTW digunakan untuk mengatur akses pekerja serta perlengkapan, meminimalisir risiko kecelakaan serta kerusakan uni, dan pastikan jika SOP dikerjakan sesuai dengan ketentuan serta penuhi standard K3.

Disamping itu, penerapan Izat 4 Azara, satu aplikasi berbasiskan Android yang berperan menolong pantauan persiapan perlengkapan K3 dan memaksimalkan pemantauan serta laporan K3.

Akan tetapi, Suharto mengaku, semua usaha itu belum dapat menggaransi perolehan nihil kecelakaan tanpa loyalitas dari semua pimpinan selalu untuk mengutamakan keutamaan pemenuhan faktor K3 dengan cara persisten di lapangan.

“Kolaborasi seluruh pihak dibutuhkan untuk merealisasikan nihil kecelakaan. Tiap individu di lingkungan PJB bertanggungjawab untuk menerapkan budaya K3 dengan cara persisten serta disiplin. Jika, tidak ada yang makin penting dari jiwa manusia, ” tandas Suharto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *